sekilas fakultas pertanian

Fakultas Pertanian UNWIM merupakan salah satu Unit Pengelola Program Studi (UPPS) yang medapatkan madat menyelenggarakan pendidikan bidang pertanian yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Universitas Winaya Mukti yang secara langsung berada dibawah koordinasi Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) wilayah IV Jawa Barat dan Banten.

Fakultas Pertanian UNWIM saat ini menyelenggarakan 2 (dua) jenjang program pendidikan yaitu Program Pendidikan Sarjana dan Program Pendidikan Magister yang terbagi ke dalam 4 (empat) program studi yaitu:

  1. Program Studi Agroteknologi S-1
  2. Program Studi Agribisnis S-1
  3. Program Studi Agroteknologi S-2
  4. Program Prodi Agribisnis S-2

Fakultas Pertanian UNWIM secara legal telah mendapat izin penyelenggaraan dari Kemendikbud, selain itu juga semua program studi telah terakreditasi B berdasarkan Surat Keputusan yang dikeluarkan oleh Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT). Fakultas Pertanian juga telah resmi menjadi Tempat Uji Kompetensi (TUK) bidang pertanian yang telah disahkan oleh Lembaga Sertifikasi Pertanian (LSP), Bandan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Fakultas Pertanian didukung oleh Dosen dengan kwalifikasi pendidikan S2 sebanyak 18 orang dan S3 sebanyak 13 orang serta sebanyak 87% diantaranya sudah memiliki sertifikasi pendidik sebagai dosen dan 2 orang telah tersertifikasi menjadi Sertifikator Profesi Bidang Pertanian. Dosen Fakultas Pertanian telah banyak mendapatkan karya baik berupa hak cipta (HAKI) maupun karya non hak cipta, sampai saat ini sebayak 4 Hak Cipta yang telah dipatenkan ke Direktorat Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual KEMENHUMHAM. Selain itu banyak pula karya dosen lainnya yang telah dihasilkan diantaranya adalah terlibat dalam menghasilkan Kedelai Varietas NS dan Strowberry Varietas KNIA serta banyak melakukan penelitian-penelitian yang berkaitan dengan Tanaman Obat, pemanfaatan limbah batu bara, bioamilioran, dll.

Fakultas Pertanian telah melakukan kerja sama baik dengan intansi dalam negeri maupun luar negeri. Kerjasama dalam negeri diantaranya adalah dengan Pusat Penelitian dan Pengembangan Mineral dan Batu Bara (Tekmira) Bandung, PLTU PT. Indo Minco Mandiri Kaltim, YPK Indonesia Power, PT. EPN, Balai Latihan Kerja (BLK) Lembang, Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Jawa Barat, Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat, Balai Pengembangan Benih Padi Provinsi Jawa Barat, BP3IPEK Provinsi Jawa Barat, Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Bandung, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Subang, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Subang, Dinas Pertanian, Kehutanan, Perkebunan dan Perikanan Kabupaten Karawang, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sumedang, BAPEDDA Kabupaten Sumedang, Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung, Dinas Pemukiman dan Pemakaman Kota Cimahi, Universitas Padjadjaran serta Insitute Pertanian Bogor. Sedangkan kejasama dengan intansi luar negeri yang saat ini sedang berjalan adalah dengan Shimota Farm, Co. Ltd.

Unit kegiatan mahasiswa (UKM) yang terdapat di Fakultas Pertanian UNWIM diantaranya adalah BEM, HIMABUD, HIMASEA, LISES Citraresmi, PSM Gita Bahana Irama, MAPERPA, HIMUBIN, HMIB, FUFC, dan LDK (Lembaga Dakwah Kampus). Prestasi yang membanggakan telah banyak diperoleh Mahasiswa Fakultas Pertanian diantaranya adalah Juara I Festival Drama Basa Sunda Tingkat Nasional, Juara I Aktris Terbaik, Juara I Loba Inovasi Pertanian, Juara I lomba Lintas Alam, Juara II Festival Drama Monolog, dll.