UNIVERSITAS WINAYA MUKTI (UNWIM) .................................................................. UNWIM EKSIS DINAMIS BERKUALITAS .................................................................. POLA ILMIAH BINA IPTEKS BANGUN LINGKUNGAN

Sejarah Fakultas Pertanian Unwim

 

Sejarah Fakultas Pertanian Universitas Winaya Mukti dimulai pada pada tahun 1965, ketika Gubernur Tk.I Jawa Barat mendirikan Akademi Pertanian Tanjungsari (APT). Lembaga pendidikan ini bertahan dengan nama APT sampai tahun 1985. Selanjutnya, APT berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Pertanian Tanjungsari (STPT) dan bertahan dengan nama ini sampai tahun 1990.

 

Sehubungan dengan adanya kebijaksanaan Pemerintah tentang pengelolaan atau penyelenggaraan Perguruan Tinggi Swasta yang harus dikelola oleh suatu badan hukum yang berupa Yayasan (Keppres No. 34 tahun 1972), didirikanlah Yayasan Tri Dharma Yasa Pemda Tingkat I Jawa Barat untuk menyelenggarakan empat Lembaga Pendidikan Tinggi (Akademi) yang didirikan oleh Gubernur Tk.I Jawa Barat yakni Akademi Pertanian Tanjungsari (APT), Akademi Teknik Pekerjaan Umum (ATPU), Akademi Ilmu Kehutanan (AIK) dan Akademi Industri dan Niaga (AIN). Pada tahun 1986 Pengurus KORPRI Propinsi Daerah Tingkat I Jawa Barat diserahi amanat oleh Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Jawa Barat untuk melanjutkan pembinaan dan pengembangan ke empat Akademi tersebut. Akhirnya pada tahun itu pula KORPRI Propinsi Daerah Tingkat I Jawa Barat membentuk Yayasan Pembina Pendidikan Tinggi Winaya Mukti yang ditetapkan dengan Akta Notaris Komar Andasasmita, S.H. Nomor 3 tanggal 8 Januari 1986, dan disempurnakan dengan Akta Notaris Komar Andasasmita, S.H. Nomor 6 tanggal 10 Agustus 1990 dengan nama Yayasan Pendidikan Tinggi Winaya Mukti.

 

Yayasan Pendidikan Tinggi Winaya Mukti merupakan bagian integral dari KORPRI Propinsi Daerah Tingkat I Jawa Barat yang berusaha meningkatkan baik bentuk maupun status akreditasi lembaga-lembaga Pendidikan Tinggi tersebut. Salah satu upaya Yayasan Pendidikan Tinggi Winaya Mukti, yaitu dengan SK Nomor 257/SK-II/1990 tanggal 26 Juli 1990 yang mengintegrasikan keempat Akademi tersebut dan merubah bentuknya menjadi Universitas Winaya Mukti.

 

Sehingga pada tahun tersebut (1990) STPT berubah menjadi Fakultas Pertanian Universitas Winaya Mukti.