Latar Belakang
Program Studi Agroteknologi merupakan salah satu Program Studi yang dikelola oleh Fakultas Pertanian. Program studi Agroteknoogi lebih menitik beratkan pada kemampuan menggali potensi sumberdaya Lokal dibidang budidaya Pertanian. Mahasiswa Lulusan Program Studi Agroteknologi diarahkan untuk menjadi Sarjana Pertanian (SP) yang mandiri dan terampil dalam mengindentifikasi dan memecehkan masalah serta mampu menyelenggarakan kegiatan pertanian sejalan dengan perkembangan teknologi.
Visi, Misi dan Tujuan
Visi
Pada tahun 2042 menjadi Program Studi Agroteknologi yang unggul ditingkat internasional dalam bidang Agroteknologi berbasis kearifan lokal dalam pengembangan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni (IPTEKS).
Misi
1. Meningkatkan kualitas penyelenggaraan tridharma pergururuan tinggi yang berkaitandalam bidang Agroteknologi
2. Meningkatkan penguasaan, penerapan, dan pengembangan IPTEKS berbasis pemanfaatan nilai-nilai lokal.
3. Menggali dan mengembangkan potensi lokal menjadi unggulan internasional
4. Menyelenggarakan tridharma perguruan tinggi untuk dapat menguasai teknologi yang berkaitan dengan agroteknologi, berjiwa enterpreneur, berwawasan lingkungan, professional dan berdaya saing tinggi.
5. Mengembangkan fasilitas pembelajaran berbasis teknologi informasi dalam rangka mewujudkan pelayanan yang prima.
6. Mengembangkan kualitas SDM (dosen dan tenaga kependidikan) secara profesional.
7. Menjalin kerjasama dengan pihak-pihak terkait dalam upaya mengembangkan institusi dan sumber daya manusia (lulusan) yang profesional, berkualitas, dan berdaya saing tinggi dalam bidang agroteknologi.
Tujuan
1. Pendidikan dilaksanakan dengan tujuan menghasilkan lulusan yang :
-
Berakhlak mulia dan mampu menerapkan IPTEKS yang berbasis nilai-nilai lokal.
-
Berjiwa enterpreneur, profesional, dan berdaya saing tinggi
2. Penelitian dilaksanakan dengan tujuan:
-
Menghasilkan karya ilmiah yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat
-
Mengembangkan IPTEKS melalui kemitraan dengan stakeholder
-
Menghasilkan karya ilmiah yang diakui secara lokal, regional, nasional, dan internasional
-
Menghasilkan karya ilmiah yang dipatenkan.
3. Pengabdian kepada masyarakat, dilaksanakan dengan tujuan :
-
Menjadi inovator, fasilitator, dan motivator dalam rangka pengembangan masyarakat
-
Meningkatkan kolaborasi dengan stakeholder dalam pengembangan masyarakat.
4. Organisasi dan Manajemen, bertujuan untuk :
-
Meningkatkan kinerja layanan berbasis mutu menuju peningkatan efesiensi dan efektivitas disertai dengan peningkatan kesejahteraan dan mutu sumber daya manusia.
-
Mengembangkan jejaring kerjasama melalui tridharma perguruan tinggi yang mampu mewujudkan pemanfaatan sumber daya bersama secara optimal, produktif, dan bermutu, dalam rangka meningkatkan kapasitas dan mutu.
-
Mengembangkan infrastruktur akademik dalam mewujudkan posisi Universitas pada standar mutu tingkat nasional.
Profil Lulusan
Profil Lulusan adalah lulusan program studi yang diharapkan dapat berperan di masyarakat atau dunia kerja. Profil ini adalah merupakan outcome pendidikan yang akan dicapai. Adapun profil lulusan Prodi Agroteknologi S1 Fakultas Pertanian adalah sebagai berikut :
1. Pelaku di Bidang Pertanian atau Produksi Tanaman
2. Manajer di Bidang Pertanian atau Produksi Tanaman
3. Pengusaha di Bidang Pertanian
4. Peneliti/Akademisi di Bidang Pertanian
Capaian Pembelajaran Lulusan
SIKAP |
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius. |
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika. |
|
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. |
|
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa. |
|
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. |
|
Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. |
|
Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. |
|
Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik. |
|
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. |
|
Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan. |
|
KETERAMPILAN UMUM |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. |
|
Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni. |
|
Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi. |
|
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. |
|
Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya. |
|
Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada anggota yang berada di bawah tanggung jawabnya. |
|
Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri. |
|
Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
|
KETERAMPILAN KHUSUS |
Mampu menerapkan teknologi budidaya tanaman dari hulu sampai hilir yang beroriantasi pada peningkatan produksi, efesiensi, kualitas dan keberlanjutan yang dilandasi pada penguasaan ilmu-ilmu dasar, agronomi, pemuliaan tanaman, perlindungan tanaman, ilmu tanah, dan sosial ekonomi pertanian yang sesuai dengan Good Agricultural Practice (GAP), Good Handling Practice (GHP) dan permintaan pasar (Market Oriented). |
Mampu mengidentifikasi, merumuskan dan mencari solusi pemecahan masalah dalam teknologi budidaya tanaman dengan sistem pertanian berkelanjutan berdasarkan analisis informasi dan data. |
|
Mampu merencanakan, merancang/memetakan, melaksanakan dan mengevaluasi sistem teknologi budidaya tanaman yang efektif dan produktif, |
|
Mampu mengaktualisasikan potensi diri untuk bekerjasama dalam tim yang multidisiplin serta mampu bertanggung jawab terhadap pencapaian hasil kerja organisasi. |
|
Mampu mengimplementasikan dan mengembangkan usaha inovatif bidang teknologi budidaya tanaman pertanian secara berkelanjutan, |
|
Mampu mengkomunikasikan dan membangun jejaring/kerjasama baik nasional maupun internasional secara efektif, sinergis, efisien sesuai dengan etika yang ditetapkan. |
|
PENGENTAHUAN |
Menguasai konsep teoritis tentang ilmu dan teknologi tanaman (benih tanaman, media tanam organik dan produksi tanaman berkelanjutan berdasarkan kearifan lokal). |
Menguasai pengetahuan dan teknologi budidaya yang efektif (dari praproduksi, produksi, panen hingga pasca panen) dalam system pertanian berkelanjutan untuk mendukung perancangan, pengelolaan dan penerapan bisnis pertanian serta mampu menyelesaikan masalah pertanian berkelanjutan yang berbasis ilmu dengan metode penelitian yang benar dan tepat guna. |
|
Menguasai pengetahuan umum tentang prinsip-prinsip kepemimpinan, komunikasi dan manajemen sumberdaya lahan, manusia dan lingkungan sehingga mampu mengimplementasikan dalam dunia kerja. |
|
Menguasai metodologi penelitian yang meliputi perancangan percobaan, metode survei, dan metode statistika dalam analisis data. |
Struktur Mata Kuliah
Semester | Sandi Mata Kuliah | Nama Mata Kuliah | Kelompok Mata Kuliah | SKS |
I | UNW 011 | Pendidikan Agama | MPK | 2(2-0) |
AIA 101 | Kimia | MKK | 3(2-1) | |
AIA 102 | Biologi | MKK | 3(2-1) | |
AIB 101 | Matematika | MKK | 3(2-1) | |
UNW 081 | Bahasa Indonesia | MPK | 2(2-0) | |
AIA 103 | Pengantar Ilmu Pertanian | MKK | 2(2-0) | |
UNW 031 | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan | MPK | 2(2-0) | |
Jumlah | 17(14-3) | |||
II | UNW 107 | Bahasa Inggris | MKB | 2(2-0) |
AIA 104 | Fisika | MKK | 3(2-1) | |
AIA105 | Botani | MKK | 3(2-1) | |
AIA106 | Agroklimatologi | MKK | 3(2-1) | |
AIB 210 | Dasar Manajemen | MKK | 2(2-0) | |
AIA 107 | Biokimia Tanaman | MKK | 3(2-1) | |
AIB 127 | Statistika | MKK | 3(2-1) | |
AIA 201 | Mikrobiologi Umum | MKK | 3(2-1) | |
Jumlah | 22(16-6) | |||
III | AIA 202 | Dasar Ilmu Tanah | MKK | 3(2-1) |
AIA 203 | Dasar Agronomi | MKK | 3(2-1) | |
AIA 204 | Ekologi Tanaman | MKK | 3(2-1) | |
AIA 205 | Pengelolaan Air | MKB | 3(2-1) | |
AIB 209 | Sosiologi Pedesaan | MBB | 2(2-0) | |
AIA 206 | Fisiologi Tumbuhan | MKK | 3(2-1) | |
AIA 207 | Dasar Perlindungan Tanaman | MKB | 3(2-1) | |
Jumlah | 20(14-6) | |||
IV | AIA 208 | Genetika Dasar | MKK | 3(2-1) |
AIA 209 | Kesuburan dan Kesehatan Tanah | MKB | 3(2-1) | |
AIB 207 | Ekonomi Pertanian | MKK | 2(2-0) | |
AIA 210 | Konservasi Tanah dan Air | MKB | 3(2-1) | |
AIA 211 | Mekanisasi Pertanian | MKB | 3(2-1) | |
AIA 212 | Dasar Teknologi Benih | MKB | 3(2-1) | |
AIA 301 | Teknik Pengendalian OPT | MKB | 3(2-1) | |
Jumlah | 20(14-6) | |||
V | AIA 302 | Pemuliaan Tanaman | MKB | 3(2-1) |
AIA 303 | Budidaya Tanaman Tahunan | MKB | 3(2-1) | |
AIA 304 | Budidaya Tanaman Semusim | MKB | 3(2-1) | |
AIA 305 | Nutrisi Tanaman | MKB | 3(2-1) | |
AIA 306 | Perancangan Percobaan | MKB | 3(2-1) | |
AIB 225 | Aplikasi Komputer & Internet | MKK | 3(2-1) | |
AIB 322 | Pembangunan Pertanian | MKK | 2(2-0) | |
Jumlah | 20(14-6) | |||
VI | AIA 405 | Analisis Regresi Dan Korelasi | MKK | 3(2-1) |
AIA 307 | Bioteknologi Tanah | MKB | 3(2-1) | |
AIA 308 | Bioteknologi Tanaman | MKB | 3(2-1) | |
AIA 309 | MPPS | MKK | 2(2-0) | |
AIA 310 | Budidaya Tanaman Serealia, Kacang-kacangan dan Ubi-ubian | MKB | 3(2-1) | |
AIB 212 | Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian | MBB | 2(2-0) | |
AIA 312 | Budidaya Tanaman Hortikultura | MKB | 3(2-1) | |
Jumlah | 19(14-5) | |||
VII | AIA 401 | Produksi Tanaman Sistem Berganda | MKB | 2(2-0) |
AIA 402 | Teknologi Hasil Pertanian | MKB | 3(2-1) | |
AIA 403 | Produksi Benih | MKB | 3(2-1) | |
AIA 404 | Evaluasi Lahan Pertanian | MKB | 3(2-1) | |
AIA 311 | Budidaya Tanaman Rempah, Obat-obatan dan Industri | MKB | 3(2-1) | |
AIB 332 | Kewirausahaan | MKB | 2(2-0) | |
AIA 406 | Seminar Akademik | MPB | 1(0-1) | |
Jumlah | 17(12-5) | |||
VIII | UNW 500 | Kuliah Kerja Nyata | MBB | 3(1-2) |
AIA 537 | Skripsi | MPB | 6(2-4) | |
Jumlah | 9(3-6) | |||
Jumlah SKS Seluruhnya | 144(101-43) |
Keterangan : SMT = Semester; MPK = Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian; MKK = Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan; MKB = Mata Kuliah keahlian Berkarya; MBB = Mata Kuliah Berkehidupan Bermasysrakat; MPB = Mata Kuliah Perilaku Berkarya.
Tenaga Pengajar Dosen
No | Nama Lengkap | Jabatan Fungsional |
1 | Dr. Ir. Rohana Abdullah, M.S. | Lektor |
2 | Ir. Hudaya Mulyana, M.P. | Lektor Kepala |
3 | Ir. Odang Hidayat, M.P. | Lektor |
4 | Ir. Yana Taryana, M. P. | Lektor Kepala |
5 | Dra. Iis Aisyah, M.Si | Lektor |
6 | Ir. Endeh Masnenah, M.P. | Lektor Kepala |
7 | Lia Sugiarti, S.P., M.P. | Lektor |
8 | Roni Assafaat Hadi, SP., M.P. | Lektor |
9 | Linlin Parlinah, SP., MP. | Asisten Ahli |
10 | Kovertina Rakhmi Indriana, S.P., M.P | Lektor |
11 | Reni Nurhayatini, ST., M.P. | Asisten Ahli |
12 | Romiyadi, SP., M.P. | Tenaga Pengajar |
13 | Asep Samsul Mustofa, SP., M.P. | Tenaga Pengajar |